Mengenal Bunga Hoya

Bunga Hoya, atau yang juga dikenal dengan wax plant (tanaman lilin) atau porcelain flower (bunga porselen), hoya carnosa, merupakan jenis tanaman hias yang menarik, berasal dari Asia Timur dan Australia.

Selain penampilannya yang unik, bunga hoya juga berbau sangat harum sehingga membuatnya menjadi tanaman indoor yang populer.

Bunganya semi glossy (mengkilap) dengan kemilau yang agak kabur karena adanya rambut-rambut kecil dipermukaan mereka, dan dalam setiap kelompok bisa berjumlah hingga 30 bunga. Setiap kuntum bunga berdiameter sekitar 1,5 cm.
Tanaman ini cocok hidup di dataran tinggi dan mudah dikembangbiakkan melalui stek.


Penelitian di Universitas Georgia menemukan bunga hoya mampu menyerap berbagai jenis polutan dalam ruangan. Tanaman ini, bersama dengan 4 tanaman lain dengan fungsi yang sama, diidentifikasi sebagai “tanaman hias super”.

Bunga memang menjadi daya tarik utama Hoya. Kendati demikian beberapa jenis menawarkan kecantikan lebih pada daunnya ketimbang bunganya. Keindahan bunga Hoya sangat bervariasi, terutama pada warna dan bentuk serta keberadaan bulu/rambut pada permukaan.

Gambar Bunga Hoya


 




Klik bawah untuk melihat bunga-bunga Hoya yang sedang bermekaran.
KLIK!!



Sumber: The Epoch Times

Tidak ada komentar:

Posting Komentar